Adiputro

Adiputro Wirasejati

Karoseri Asal Kota Malang Provinsi Jawa Timur, yang sudah sangat terkenal baik dari kalangan Pemilik suatu PO bus, bus mania, penyuka bus, hingga orang awam pasti tau karoseri Adiputro.

Logo Adiputro Wirasejati
Logo Adiputro Wirasejati

Sejarah

Bagian 1

Karoseri Adiputro pada saat ini telah meraih apa yang tidak terbayangkan pada tahun 1973. Tidak banyak yang tahu bahwa bisnis karoseri ini dirintis sejak tahun 1973 oleh kakak beradik yang pada saat itu bekerja di salah satu dealership otomotif.

Pemilik karoseri Adiputro adalah dari keluarga Jethrokusumo dan saat ini yang sering terlihat aktif didepan adalah Bapak Andreas Jethrokusumo, Bapak Jesse Jethrokusumo, dan Bapak David Jethrokusumo.

melihat tingginya peluang ketika untuk permintaan transportasi penumpang pada waktu itu. Mereka memutuskan untuk memodifikasi mobil pick-up ( mobil bak terbuka ) menjadi kendaraan transportasi penumpang.

Bagian 2

Keberhasilan awal mereka ( keluarga Jethrokusumo ) terhadap permintaan pasar memotivasi mereka untuk menggunakan semua sumber daya yang tersedia dan memulai bengkel karoseri kecil pada tahun 1973. Melalui bengkel kecil ini mereka mulai memproduksi lebih banyak bus berukuran mini selama dua tahun.

Pada tahun 1975, karoseri Adiputro resmi didirikan di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur dimana Adiputro masih beroperasi hingga saat ini.

Pada tahun 1982 adiputro berinvestasi dalam mesin – mesin yang dikenal untuk menciptakan kualitas TUBUH PRESSED BODY di karoseri. Pada tahun 1986 mereka mengadopsi sistem lukisan OVEN ( metode pengecetan yang pengeringannya melalui sistem OVEN ).

Bagian 3

Pada tahun 1989 karoseri Adiputro memperluas perusahaan dengan mendirikan divisi pemasaran di Jakarta dan setelah itu mendirikan pabrik perakitan di Bekasi Jawa Barat.

Pada tahun 1994, adiputro menandatangani kontrak dengan salah satu perusahaan karoseri asal Negara Jerman terbesar. Kontrak ini membuka peluang besar bagi Adiputro untuk mencapai pasar otomotif di kawasan Asia Tenggara. Adiputro juga dapat mengirimkan insinyur terampilnya mereka untuk pelatihan di Jerman.

Sejak itu, Adiputro telah dikenal dengan kualitas terbaiknya karoseri dengan pengakuan internasional. Adiputro juga menerima banyak ucapan terima kasih dari lembaga otomotif besar yang ada di Indonesia.

Kekuatan Penting Adiputro

Inovatif

Tim riset dan pengembangan Adiputro secara konstan mengembangkan mekanisme baru untuk meningkatkan kualitas produk mereka.

Tim R&D insinyur dan insinyur Adiputro secara berkala belajar di Jerman untuk memperbarui diri dengan teknologi baru.

ivisi bus adiputro membuktikan diri ketika mereka merekayasa APRON ( bus yang berada dibandara untuk mengantarkan penumpang dari terminal ke parkiran pesawat, begitu juga sebaliknya ), bus monocoque ( bagasi tembus kanan kiri, cocok buat ngangkut motor, sepeda ) pertama di Indonesia dengan kerangka tubuh yang kuat.

Kontrol Kualitas

Adiputro tidak pernah mengklasifikasikan standar pada produk rakitan atau buatan mereka ke dalam level atau kelas, sebaliknya hanya ada satu jenis standar dalam lini produk Adiputro, yang dikenal sebagai “kualitas AdiPutro”.

Salah satu metode yang digunakan untuk secara konsisten menjaga kualitas unggul mereka adalah dengan melakukan test-drive ( menguji kendaraan yang baru keluar dari pabrik, karoseri ) di Sumatera, yang dikenal sebagai rute paling menantang di Indonesia. Hanya jika bus atau produk buatan Adiputro melewati semua kualifikasi yang disyaratkan, maka diumumkan siap untuk produksi.

Teknologi

Adiputro adalah perusahaan karoseri pertama di Indonesia yang mengembangkan Design Frame untuk suspensi udara (air suspension) dalam produksi bus mereka.

Bingkai ( kerangka bus ) yang dibuat oleh Adiputro dikenal sangat menarik bagi para penumpang, Adiputro juga memiliki komitmen untuk selalu memiliki mesin teknologi terbaru di karoseri mereka.

Visi dan Misi

Visi karoseri Adiputro

  1. Adiputro melihat diri Adiputro berada di puncak, dan tidak pernah kalah.
  2. Adiputro melihat diri Adiputro menghasilkan yang terbaik, dan tidak pernah kurang.
  3. Adiputro melihat diri Adiputro mengungkapkan potensi terbaik, dan tidak pernah kurang.
  4. Adiputro melihat diri Adiputro membaik, dan tidak pernah kurang.
  5. Adiputro melihat diri Adiputro berinovasi dan tidak pernah kalah.
  6. Adiputro melihat apa yang orang lain tidak bisa lihat, berkualitas dan bermutu tinggi.

Misi karoseri Adiputro

Adiputro percaya pada pelatihan dan pembelajaran tanpa akhir, dua hal yang tidak pernah kekurangan kamus operasionalnya. Secara internal Adiputro melakukan berbagai pelatihan untuk staf di setiap tingkatan ( level ). Adiputro juga menjalankan penelitian dan pengamatan tanpa akhir di laboratorium dan bengkel R&D yang berdedikasi tinggi.

Semua upaya ini adalah bukti kuat komitmen Adiputro untuk tidak pernah berhenti belajar. Adiputro juga melihat dan percaya pada potensi sumber daya manusia dengan memastikan bahwa setiap individu percaya bahwa ia berkontribusi dalam peran penting bagi bisnis.

Produk

Super Double Deck

Pandawa 87 Double Deck Adiputro Jetbus 2+ Mercedes Benz OC 500 RF 2542
model bus tingkat buatan karoseri Adiputro PO bus Pandawa 87 Super Double Deck Jetbus 2+ Mercedes Benz OC500 RF2542
Adiputro Jetbus 3+ Facelift Super Double Deck PO bus Rosalia Indah Scania K410ib Opticruise transmission
Adiputro Jetbus 3+ Facelift Super Double Deck PO bus Rosalia Indah Scania K410ib Opticruise transmission

Super Double Deck adalah produk buatan Adiputro yang memiliki 2 lantai, sehingga bisa memuat penumpang lebih banyak dari model yang lainnya.

Spesifikasi SDD

  • Panjang 13500 mm
  • Lebar 2500 mm
  • Tinggi 4125 mm
  • Tanpa pintu supir ( tergantung owner suatu PO bus )
  • Pintu penumpang model Manual Swing / Sliding / Plug Pneumatic

Chasis bus yang dapat digunakan

  • Mercedes Benz OC500 RF2542
  • Volvo B11R 430 Horse Power
  • Scania K410ib Opticruise Transmission
  • Scania K310ub 6×2 ( triple axle )

Ultra High Deck

Ultra High Deck Volvo B11R 430 Horse Power Jetbus 3+ facelift Rosalia Indah
Ultra High Deck Volvo B11R 430 Horse Power Jetbus 3+ facelift Rosalia Indah
Pandawa 87 Mercedes Benz OC 500 RF 2542 Ultra High Deck Adiputro JetBus 3+
Ultra High Deck Pandawa 87 Mercedes Benz OC500 RF2542 Jetbus 3+
UHD buat reguler pertama di Indonesia Sudiro Tungga Jaya Adiputro JetBus 3+ Ultra High Deck Scania K410ib triple Axle
Sudiro Tungga Jaya ( ANNO ) Jetbus 3+ Ultra High Deck Scania K410ib Opticruise Transmission

UHD ( Ultra High Deck ) adalah produk Adiputro yang mampu menampung 6 buah motor sekaligus, sehingga cocok buat PO bus yang juga mengandalkan jasa pengiriman, kirim cepat.

Spesfikasi UHD

  • Tinggi 4000mm
  • Lebar 2500mm
  • Panjang 13500mm
  • Tanpa pintu supir ( tergantung owner suatu PO bus )
  • Pintu penumpang model Manual Swing / Sliding / Plug Pneumatic

Chasis bus yang dapat digunakan

  • Mercedes Benz OC500 RF2542
  • Volvo B11R 430 Horse Power
  • Scania K410ib Opticruise Transmission

Super High Deck

Harapan Jaya Jetbus 3+ Super High Deck Mercedes Benz O500RS
Harapan Jaya Jetbus 3+ Super High Deck Mercedes Benz O500RS
yang 5 hari lalu baru keluar Karoseri Gunung Harta Transport Solutions Malang - Bogor Pulang Pergi Adiputro Jet Bus 3+ Facelift Super High Deck Tronton Mercy Mercedes Benz OC 500 RF 2542 triple axle
Gunung Harta Jetbus 3+ facelift Super High Deck Mercedes Benz OC500 RF2542
Sinar Jaya Adiputro Jet Bus 3+ Super High Deck Hino rk8 260PS
Sinar Jaya Jetbus 3+ Super High Deck Hino rk
Sudiro Tungga Jaya Scania K360ib Adiputro JetBus 3+ Super High Deck
Sudiro Tungga Jaya Jetbus 3+ Super High Deck Scania K360ib Opticruise

SHD ( Super High Deck ) adalah produk Adiputro yang dapat menampung 4 sampai 6 buah sepeda motor sekaligus ( jika tidak ada barang apapun selain motor ).

Spesfikasi SHD

  • Tinggi 3850mm
  • Lebar 2500mm
  • Panjang 12000mm
  • Panjang 12800mm ( khusus chasis Mercedes Benz O500RS, Scania K360 )
  • Panjang 13500mm ( Triple axle atau tronton mewah )
  • Tanpa pintu supir ( tergantung owner suatu PO bus )
  • Pintu penumpang model Manual Swing / Sliding / Plug Pneumatic

Chasis bus yang dapat digunakan

  • Mercedes Benz OC500 RF2542
  • Volvo B11R 430 Horse Power
  • Scania K410ib Opticruise Transmission
  • Hino Rk8 260PS
  • Mercedes Benz O500RS 1836
  • Scania K360ib
  • Volvo B8R 330 Horse Power
  • Mercedes Benz OH 1526 New Generation

Motor High Deck

Akhirnya tim Solo raya dapat jatah bus Haryanto yang baru, Haryanto Solo - Jakarta Pulang Pergi Adiputro Jet Bus 3+ Facelift Motor High Deck Mercedes Benz OH 1626L
Haryanto Jetbus 3+ Facelift Motor High Deck Mercedes Benz OH 1626L

MHD ( Motor High Deck ) adalah varian terbaru dari karoseri Adiputro yang memiliki tinggi setara High Deck ( 3700 mm ), tapi memiliki tinggi bagasi setara bagasi Super High Deck ( Kabin Penumpang jadi lebih pendek ).

Sebenarnya model bus ini untuk chasis Mercedes Benz OH 1626, tapi jika owner suatu PO bus ingin menggunakan chasis Mercedes Benz O500RS, Scania K360 juga bisa.

High Deck Double Glass 

Gunung Harta Surabaya - Denpasar Pulang pergi Mercedes Benz OH 1626 New Generation Air Suspension Adiputro Jet bus 3+ High Deck Double glass
Gunung Harta Jetbus 3+ High Deck Double glass Mercedes Benz OH 1626
Galatama Adiputro JetBus 3+ High Deck Double glass
Galatama Adiputro JetBus 3+ High Deck Double glass
Harapan Jaya Jetbus 3+ High Deck Double Glass Hino RN285
Harapan Jaya Jetbus 3+ High Deck Double Glass Hino RN285

HDD ( High Deck Double glass ) adalah produk Adiputro yang memiliki tinggi setara High Deck tapi memiliki sekat ( topi ) di depannya.

Spesfikasi HHD

  • Tinggi 3700mm
  • Lebar 2500mm
  • Panjang 12000mm
  • Panjang 12800mm ( khusus chasis Mercedes Benz O500RS, Scania K360 )
  • Tanpa pintu supir ( tergantung owner suatu PO bus )
  • Pintu penumpang model Manual Swing / Sliding / Plug Pneumatic

Chasis bus yang dapat digunakan

  • Hino Rk8 260PS
  • Mercedes Benz O500RS 1836
  • Scania K360ib
  • Volvo B8R 330 Horse Power
  • Mercedes Benz OH 1526 New Generation
  • Hino rn285
  • Mercedes Benz OH 1626
  • Hino rk 235PS

Produk Adiputro lainnya

  • High Deck
  • Non High Deck
  • Marcopolo
  • Neoplan
  • Old Travego
  • Royal Travego
  • Travego Smile
  • Old Setra
  • Setra Smile
  • Old Setra Smile
  • Royal Coach ( jetbus Gen 1 )
  • Medium Deck
  • Big Benz ( khusus chasis Mercedes Benz OF 917 )
  • Big Jumbo ( menggunakan chasis medium deck )
  • Jumbo
  • MC ( Micro Bus ).
Produk big bus pertama Adiputro yang memiliki body model Monocoque body, Neoplan Mercedes Benz OH 1521 cooler
Produk big bus pertama Adiputro yang memiliki body model Monocoque body, Neoplan Mercedes Benz OH 1521 cooler.

Itulah sejarah singkat karoseri Adiputro, semoga para pembaca bisa memahaminya ya.

Tinggalkan komentar