Efisiensi

Efisiensi

Pemilik Bus Tingkat pertama di Pulau Jawa.

1. Sejarah

PO bus Efisiensi diawali dengan pendiriannya pada tahun 1996 oleh Bapak Teuku Eri Rubiansah di Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah

Awalnya PO bus Efisiensi menggunakan bus 3 per 4 melayani segmen bus pariwisata. Tentu saja dengan pertimbangan kala itu peluang akan bus pariwisata sedang ramai – ramainya, dan setelah beberapa waktu menjalani pola bisnis tersebut, barulah PO bus Efisiensi merubah kebijakan dengan menjual semua bus bus 3 per 4 nya karena minat masyarakat yang dirasa kurang dengan bus medium tersebut. Dan akhirnya PO bus Efisiensi memutuskan berfokus pada bus – bus besar saja.

2. Pemilik DD pertama

Perusahaan Otobus Efisiensi adalah PO bus pertama di Pulau Jawa yang mempunyai bus tingkat ( Double Deck ) untuk Antar Kota Dalam Provinsi. Bus tingkat ini melayani rute Yogya sampai Cilacap Pulang Pergi.

Walaupun ini aslinya bus untuk trayek Cilacap to Jogja ), tapi sekarang lebih sering digunakan sebagai bus Pariwisata Premium.

Bus Double Decker pertama Di Jawa Tengah Efisiensi Adiputro Jetbus 2+ Super Double Decker Mercedes Benz OC 500 RF 2542
Bus Double Decker pertama Di Jawa Tengah Efisiensi Adiputro Jetbus 2+ Super Double Decker Mercedes Benz OC 500 RF 2542

3. Fasilitas Efisiensi Double Deck

Bus Efisiensi Double Deck memiliki Fasilitas Sebagai berikut :

  1. 47 seat Ordinary ( deck atas )
  2. 5 captain seat ( deck bawah ) dengan kofigurasi seat 1-1
  3. Audio Video On Demand di setiap seat
  4. Port USB
  5. Stop kontak
  6. Cooler box
  7. Reclining seat
  8. Legrest ( captain seat )

4. Pariwisata

Po bus Efisiensi memiliki armada pariwisata yang bernama Tividi ( awalnya Efisiensi, tapi karena bus Efisiensi buat Patas Antar Kota Dalam Provinsi, Jadinya yang pariwisata namanya berubah jadi Tividi ).

Bus pariwisata Tividi menggunakan chasis Hino rk, Mercedes Benz OH 1626. Yang di balut dengan Body bus JetBus series buatan karoseri Adiputro, type High Deck Double glass dan Super High Deck.

Fasilitas bus Pariwisata Efisiensi adalah sebagai berikut :

  • 50 sampai 52 seat ( konfigurasi 2-2 )
  • 60 seat ( konfigurasi 2-3 )
  • Reclining seat
  • Legrest ( tergantung permintaan )
  • Port USB dekat louver AC ( khusus JetBus 3 dan diatasnya )
  • Bantal, selimut ( jika dibutuhkan )
  • Cooler box
  • Speakers
  • Stopkontak
  • Kru bus yang ramah
  • Air Suspension ( tidak semua armada telah menggunakan )
  • MIC nirkabel
  • 3 buah televisi 32 inci
  • 8 buah televisi 10 inci
Tividi ( Efisiensi ) Pariwisata Hino rk Adiputro Jet Bus 3 Super High Deck
Tividi ( Efisiensi ) Pariwisata Hino rk Adiputro Jet Bus 3 Super High Deck
Tividi ( Efisiensi ) Pariwisata Hino rk Adiputro Jet Bus 3+ Super High Deck
Tividi ( Efisiensi ) Pariwisata Hino rk Adiputro Jet Bus 3+ Super High Deck
Tividi ( Efisiensi ) Pariwisata Hino rk Adiputro Jet Bus 3+ Super High Deck
Tividi ( Efisiensi ) Pariwisata Hino rk Adiputro Jet Bus 3+ Super High Deck
Tividi ( Efisiensi ) Pariwisata Hino rk Adiputro Jet Bus 3+ Super High Deck
Tividi ( Efisiensi ) “Djadut” Pariwisata Hino rk Adiputro Jet Bus 3+ Super High Deck

5. Dealer berjalan

perusahaan Otobus Efisiensi dikenal juga sebagai Dealer berjalan ( suka menjual bus yang umurnya masih tergolong muda ), itu karena mereka ingin armadanya fresh dari Karoseri ( Adiputro ).

PO bus Efisiensi selalu menjual bus yang sudah berumur 3 tahunan bahkan ada yang keluar dari karoseri langsung dibeli PO bus sebelah. Selain Efisiensi ada juga PO bus Subur Jaya dan PO bus Agam Tungga Jaya yang juga sebagai Dealer berjalan.

6. Patas Efisiensi

PO bus Efisiensi melayani rute bus Antar Kota Antar Provinsi dan Antar Kota Dalam Provinsi sebagai Berikut :

  • Yogya sampai Cilacap Pulang Pergi
  • Yogya ke Semarang sampai Cilacap Pulang Pergi
  • Semarang sampai Cilacap Pulang pergi
  • Semarang sampai Purbalingga Pulang Pergi
  • Yogya sampai Purbalingga Pulang Pergi
  • Yogya ke Semarang sampai Purbalingga Pulang Pergi
  • Jogja sampai Purwokerto Pulang Pergi
  • Bobotsari ke Purbalingga sampai Yogya Pulang Pergi
Efisiensi Patas Jogja - Purwokerto Adiputro Jet bus 3+ Super High Deck Hino rk
Efisiensi Patas Jogja – Purwokerto Adiputro Jet bus 3+ Super High Deck Hino rk
Patas mwahnya Efisiensi Efisinsi Patas Mercedes Benz OH 1626 New Generation Adiputro Jet Bus 3+ High Deck Double glass
Patas mwahnya Efisiensi Efisinsi Patas Mercedes Benz OH 1626 New Generation Adiputro Jet Bus 3+ High Deck Double glass
Bobotsari - Purbalingga - Jogja Efisiensi Patas Adiputro Jet Bus 3+ Super High Deck hino rk
Bobotsari – Purbalingga – Jogja Efisiensi Patas Adiputro Jet Bus 3+ Super High Deck hino rk
buse wong ngapak Cilcap Jogja Efisiensi Patas Adiputro Jet bus 3 Super High Deck hino
buse wong ngapak Cilcap Jogja Efisiensi Patas Adiputro Jet bus 3 Super High Deck hino
bus yang sering ana temui wkwkwk buse wong ngapak Cilcap to Semarang Pulang Pergi Efisiensi Patas Adiputro Jet bus 3 Super High Deck hino rk
bus yang sering ana temui wkwkwk buse wong ngapak Cilcap to Semarang Pulang Pergi Efisiensi Patas Adiputro Jet bus 3 Super High Deck hino rk

7. Fasilitas Patas Jogja Efisiensi

Patas Efisiensi Juga Sering disebut sebagai Patas Jogja ( meskipun ada juga yang berangkat dari Kota Semarang ), karena rata rata berangkat atau tujuan bus Efisiensi adalah Provinsi Yogyakarta.

Patas Efisiensi Memiliki Fasilitas Sebagai Berikut :

  • 40 seat +6 seat di baris paling belakang
  • Air mineral
  • snack atau makanan ringan
  • wifi ( type tertentu )
  • Audio Video On Demand ( type Double Deck )
  • Air Conditioner
  • Cooler box
  • Stopkontak
  • Port USB
  • Speakers
  • Music
  • Kru bus yang ramah
  • Reclining seat
  • 3 buah televisi 32 inci

8. selalu update

PO bus Efisiensi juga selalu update body bus terbaru itu karena mereka melakukan jual ( dealer berjalan ) dan beli bus ( kalau beli selalu borongan 10 unit ke atas ).

PO bus Efisiensi selalu mempercayai Karoseri Adiputro untuk hampir semua Armadanya

  • Jet Bus 2 High Deck
  • Jet bus 2+ Super High Deck
  • Jet Bus 3 Super High Deck
  • Jet Bus 3+ High Deck Double glass
  • Jet Bus 3+ Super High Deck

9. Chasis Yang Digunakan

Untuk Masalah chasis PO bus Efisiensi menggunakan

  1. Hino rk8 260 PS
  2. Hino rk8 260 PS dengan tambahan Suspensi Udara
  3. Mercedes Benz OH 1526 New Generation
  4. Mercedes Benz OH 1626 yang sudah dilengkapi air suspension model balon langsung dari pabrikan, jadi terasa nyaman dalam melakukan perjalanan
  5. Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ( armada Super Double Deckernya )

10. Pernah buka rute Jogja ke Liwa

Pada tahun 1998 PO bus Efisiensi pernah mengambil langkah berani bekerja sama dengan HS membuka Trayek jarak jauh yakni Yogyakarta sampai Liwa Pulang Pergi, sebuah kota di Lampung barat yang merupakan penghubung dari 3 provinsi besar yaitu Sumatra Selatan, Bengkulu, dan tentu saja Lampung.

Juga dengan PO Bengkulu Indah membuka trayek Yogyakarta sampai Bengkulu Pulang Pergi. PO bus Efisiensi juga menyediakan layanan antar – jemput karyawan setelah memenangkan tender dari Caltex (Chevron) pada saat itu.

11. Favoritnya orang ngapak

PO bus Efisiensi terkenal melayani rute ngapak ( Cilacap, Bobotsari, Purbalingga, Purwokerto, Kebumen ) tujuan atau dari Provinsi Yogyakarta.

pasca krismon dan mulai munculnya penerbangan LCC ( Low Cost Carrier atau penerbangan tarif Murah tapi tidak meriah ) membuat Efisiensi menutup trayek jarak jauh ini ( Yogyakarta – Liwa ). Karena tidak dapat mendatangkan profit ( keuntungan ) sama sekali. Dan akhirnya pada 2002 lah PO bus Efisiensi mulai membuka trayek Yogyakarta – Cilacap Pulang Pergi, yang disusul dengan Yogyakarta – Purwokerto Pulang Pergi pada 2008.

Memang terbilang dekat walaupun sudah masuk kategori AKAP  ( Antar Kota Antar Provinsi ), namun trayek inilah yang kemudian menjadi tulang punggung Efisiensi dalam menjalankan bisnisnya.

12. Bus Bandara

PO bus Efisiensi juga memiliki unit antar jemput bandara Adisucipto Yogyakarta, hal ini memudahkan bagi orang yang mau atau dari bandara Adisucipto untuk ke menuju rest area Ambar Ketawang di Gamping, Sisi barat Kota Yogyakarta.

Unit yang digunakan adalah Isuzu ELF long yang memiliki kapsitas hingga 19 orang atau medium bus yang bisa menampung hingga 33 penmpang dalam sekali angkut.

 

Demikianlah Sejarah Efisiensi Perusahaan bus wong ngapak.

Tinggalkan komentar