Harapan Jaya

Harapan Jaya

si kuda Jinkrak orange kebanggan warga Tulungagung

Harapan Jaya Tentrem Scorpion king Scania K380ib Comfortshift transmission
Harapan Jaya Tentrem Scorpion king Scania K380ib Comfortshift transmission

Sejarah

PO bus Harapan Jaya ( Harjay ) ini didirikan oleh almarhum Bapak Harjaya Cahyana pada tahun 1977 di Kabupaten Tulungangung Provinsi Jawa Timur. Dan PO Bus Harapan Jaya ( Harjay ) terus berkembang hingga kini menjadi kebanggan masyarakat Tulungagung.

Diawal pendiriannya, PO bus Harapan Jaya hanya mengandalkan 3 unit armada saja. Tiga bus ini digunakan untuk melayani trayek Surabaya – Kediri – Tulungagung Pulang Pergi. Namun berkat ketekunan dan usaha kerasnya, akhirnya PO bus Harapan Jaya mampu melebarkan jangkauannya dengan mengembangkan trayek – trayek ke daerah lain.

Hino RM 380

PO Bus Harapan Jaya adalah PO pertama di Indonesia yang mempunyai chasis HINO RM 380, chasis hino RM380 ini sudah mendapat penyesuaian dari versi Malaysia agar sesuai regulasi Indonesia.

Hino RM380 di Indonesia menggunakan body bus ( baju ) buatan Karoseri Tentrem yaitu Avante Super High Deck, dan Karoseri Laksana yaitu Legacy SR2 Xtra High Deck Prime, masing masing sebanyak 1 unit.

Jadi jumlah Hino RM380 di Indonesia hanya 2 unit saja, dan hanya PO Harapan Jaya yang memilikinya.

Mesin : Peforma tangguh namun tetap efisien

Pembakaran lebih efektif dengan teknologi commonrail menghasilkan torsi yang besar, namun irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Dengan mesin bertipe E13C-UT sama dengan versi HINO RM 380 Versi Malaysia memiliki tenaga 380 PS per 1800 rpm ( putaran mesin permenit ) nah ini yang menjadi perbedaan dimana versi indonesia dibawa versi Malaysia yang memiliki tenaga sampai 390 PS.

Selain itu bus terbaru Harapan Jaya HINO RM 380 ini memiliki torsi maks 195 kgm/1100 rpm dengan volume silender 12913 cc Common Rail.

Suspensi : Suspensi Udara atau Air Suspension

Untuk bersaing dengan kompetitornya, HINO RM 380 sudah dilengkapi dengan suspensi udara tentunya lebih nyaman jika dibandingkan dengan bus yang menggunakan model per daun atau leaf spring ( yang suaranya kriet kriet itu lho ).

Untuk suspensi roda depan dilengkapi dua balon suspensi udara lengkap degan shock absorber dan stabiliser dan untuk roda belakang dilengkapi dengan empat buah balon suspensi udara dan stabiliser dan katup pengatur ketinggian.

REM : Sistem rem full air brake

Dengan sistem pengereman yang sudah full air brake tentu pengereman lebih baik dan untuk perawatan juga lebih mudah sehingga biaya operasional juga lebih hemat tentunya.

Untuk menyuplai angin disediakan chamber atau tangki didepan dan belakang dan untuk memonitor ( ( melihat dalam bentuk digital )tekanan udara dapat di monitor dari panel dekat spidometer sehingga driver dapat dengan mudah mengetahui jika terjadi kebocoran atau kekurangan tekanan.

Fasilitas Hino RM 380

  • 32 seat ( Karena ini kelas eksekutif )
  • Legrest
  • Reclining Seat
  • Toilet bersih
  • Space frame ( bagasi tembus kanan kiri )
  • 3 buah televisi 32 inci
  • bantal, selimut ( biar pulas bobonya )
  • Air Suspension ( biar menikmati perjalanan )
  • snack box kecil 1 kali
  • Servis Makan 2 kali ( dari arah barat ), ( sebaliknya dari arah timur hanya mendapat makan 1 kali, yang 1nya lagi diganti dengan snack box, jadi arah timur snack boxnya 2 kali )
  • Stopkontak
  • Cooler box
  • Speakers
  • MIC nirkabel
  • Kru yang ramah
Harapan Jaya Hino RM380 Hanya ada 2 unit di Indonesia Laksana Legacy SR2 Xtra High Deck Prime
Harapan Jaya Hino RM380 Hanya ada 2 unit di Indonesia Laksana Legacy SR2 Xtra High Deck Prime.

Memborong di GIIAS 2019

Dalam Acara GIIAS ( Gaikindo Indonesia International Auto Show ) tahun 2019, PO bus harapan jaya memborong semua unit di booth Karoseri Tentrem.

Unit yang di borong antara lain sebagai berikut :

  1. Avante D2
  2. Avante H9
  3. Avante H7
  4. Max HDD

Avante D2

Setelah sekian lama akhirnya karoseri tentrem menghadirkan unit double deck pertamanya, ya inilah Avante D2 ( Double Deck ).

Avante D2 memiliki tinggi 4080 mili meter lebih rendah dari Double Decker pada umumnya yang memiliki tinggi sekitar 4120 mili meter, Avante D2 dapat dibangun diatas chasis Mercedes Benz OC500 RF2542, Scania K410ib Opticruise transmission.

Harapan Jaya Tentrem Avante D2 Scania K410ib Opticruise transmission Tronton nia The Dynamic Technology #ScaniaTransJawa United Tractors ( selaku importir Scania Di Indonesia )
Harapan Jaya Tentrem Avante D2 Scania K410ib Opticruise transmission Tronton nia The Dynamic Technology #ScaniaTransJawa United Tractors ( selaku importir Scania Di Indonesia )

Avante H9

Avante H9 adalah produk karoseri tentrem yang setara dengan Super High Deck, Kata “H9” sendiri itu diambil dari angka belakang tinggi maksimal body bus ini yaitu 3900 mili meter.

Avante H9 dapat dibangun diatas chasis

  • Hino rk8 260PS
  • Mercedes Benz OH 1526 New Generation
  • Mercedes Benz O500RS 1836
  • Mercedes Benz OC500 RF2542 ( Tronton Mercy )
  • Scania K360ib Opticruise Transmission
  • Scania K410ib Opticruise Transmission ( tronton Nia )
Harapan Jaya Tentrem Avante H9 The Best View Experence Mercedes Benz OC500 RS1836 ( O500RS )
Harapan Jaya Tentrem Avante H9 The Best View Experence Mercedes Benz OC500 RS1836 ( O500RS ).

Avante H7

Avante H7 adalah produk karoseri tentrem yang setara dengan High Deck Double glass, Kata “H7” sendiri itu diambil dari angka belakang tinggi maksimal body bus ini yaitu 3700 mili meter.

Avante H7 dapat dibangun diatas chasis

  • Hino rk8 260PS
  • Hino RN 285PS
  • Mercedes Benz OH 1526 New Generation
  • Mercedes Benz OH 1626
  • Mercedes Benz O500RS 1836
  • Scania K360ib Opticruise Transmission
Harapan Jaya Tentrem Avante H7 Hino rn285
Harapan Jaya Tentrem Avante H7 Hino rn285.

MAX HDD

MAX High Deck Double glass adalah produk buatan karoseri Tentrem yang dibuat khusus untuk bus bermesin depan.

MAX HDD dapat dibangun diatas chasis Hino Ak series dan Mercedes Benz OF ( Omnibus Front ) 1623RF.

AC tarif biasa ( ac ekonomi ) Harapan Jaya Tentrem MAX High Deck Double glass Hino ak ( mesin Depan )
Patas Jatim Harapan Jaya Tentrem MAX High Deck Double glass Hino ak ( mesin Depan ).

Model BUS yang digunakan

PO bus Harapan Jaya menggunakan model bus dari beberapa karoseri ternama di Indonesia, diantaranya sebagai berikut :

  • Tentrem body bus Actor ( mesin depan )
  • Tentrem Max ( mesin depan )
  • Tentrem MAX High Deck Double glass ( mesin depan )
  • Tentrem Scorpion X
  • Tentrem Scorpion King
  • Tentrem Avante H D D
  • Tentrem Avante S H D
  • Tentrem Avante H9
  • Tentrem Avante H7
  • Tentrem D2 ( Double Deck )
  • Laksana Discovery ( mesin depan )
  • Laksana Discovery DC03 ( mesin depan )
  • Laksana legacy SR1 series
  • Laksana Legacy SR2 series
  • Laksana Legacy SR2 High Deck Prime
  • Laksana Legacy SR2 Super High Deck Prime
  • Laksana Legacy SR2 High Deck Prime ECER66 ( lulus Uji guling )
  • Laksana Legacy SR2 High Super Deck Prime ECER66 ( lulus Uji guling )
  • Laksana Legacy SR2 Double Deck Prime
  • Adiputro Marcopolo
  • Adiputro Royal Travego
  • Adiputro Old Setra
  • Adiputro Smile Setra
  • Adiputro Smile Travego
  • Adiputro Jet Bus High Deck
  • Adiputro Jet Bus 2 High Deck
  • Adiputro Jet Bus 2+ High Deck
  • Adiputro Jet Bus 2+ High Deck Double glass
  • Adiputro Jet Bus 2+ Super High Deck
  • Adiputro Jet Bus 3 High Deck Double glass
  • Adiputro Jet Bus 3 Super High Deck
  • Adiputro Jet Bus 3+ High Deck Double glass
  • Adiputro Jet Bus 3+ Super High Deck
  • Adiputro jet bus 2+ Super Double Deck

 

Harapan Jaya Tentrem MAX ( mesin depan ) Hino AK
Harapan Jaya Tentrem MAX ( mesin depan ) Hino AK
Scania K310ib Comfortshift transmission Adiputro Jet bus 2 High Deck Harapan Jaya
Scania K310ib Comfortshift transmission Adiputro Jet bus 2 High Deck Harapan Jaya
Harapan Jaya Tentrem Scorpion king Scania K360ib Comfortshift tranmission
Harapan Jaya Tentrem Scorpion king Scania K360ib Comfortshift tranmission

Demikianlah sejarah harapan jaya, semoga suka.

Tinggalkan komentar