Haryanto

Haryanto

PO bus pertama yang menerapkan sistem Sholat 5 waktu di  Pulau Jawa

1. Sejarah

PO bus Haryanto sebagai Perusahaan Otobus yang cukup terkenal ini didirikan sejak tahun 2002 Kota Kudus Jawa Tengah, dan nama PO Haryanto sendiri diambil dari nama pemilik perusahaan yaitu Bapak Haji Haryanto. Bapak Haji Haryanto kelahiran Kudus yang juga mantan anggota TNI dan pemilik angkot dengan rute yang melayani hampir di seluruh wilayah Tangerang ( sekarang semua angkotnya telah terjual ).

PO bus Haryanto bisa terus berkembang menjadi operator bus terbaik berawal dari keyakinan, tekad, dan semangat kuat Bapak Haji Haryanto untuk hijrah ke kota Tangerang.

Berawal dari pekerjaan sebagai anggota di kesatuan udara sebegai pengemudi, mengangkut alat berat, meriam, beras dan perminyakan, Bapak Haji Haryanto dengan ketekunan, dan perputaran berbagai lini bisnis tersebut akhirnya pada tahun 2002 beliau merintis usaha di Perusahaan Otobus PO Haryanto di Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Divisi Solo Raya ( tujuan Jakarta - Bekasi - Tanggerang ke Solo ) Haryanto Menara Kudus Adiputro Jet Bus 3+ Facelift Motor High Deck Body bus Khusus Mercedes Benz OH 1626 L, yang mampu membawa 4 sepeda Motor sekaligus.
Divisi Solo Raya ( tujuan Jakarta – Bekasi – Tanggerang ke Solo ) Haryanto Menara Kudus Adiputro Jet Bus 3+ Facelift Motor High Deck Body bus Khusus Mercedes Benz OH 1626 L, yang mampu membawa 4 sepeda Motor sekaligus.

2. bus AKAP pertama yang menggunakan MHD

PO bus Haryanto adalah pemain Antar Kota Antar Provinsi pertama yang menggunakan body bus Motor High Deck buatan Adiputro.

MHD ( Motor High Deck ) adalah sebuah body bus yang memang khusus untuk chasis Mercedes Benz OH 1626L, dengan bagasi model space frame sehingga dapat memuat 4 sepeda motor sekaligus.

Akhirnya tim Solo raya dapat jatah bus Haryanto yang baru, Haryanto Solo - Jakarta Pulang Pergi Adiputro Jet Bus 3+ Facelift Motor High Deck Mercedes Benz OH 1626L
Akhirnya tim Solo raya dapat jatah bus Haryanto yang baru, Haryanto Solo – Jakarta Pulang Pergi Adiputro Jet Bus 3+ Facelift Motor High Deck Mercedes Benz OH 1626L.

3. PO bus Pertama yang Menggunakan JB HDD Front

PO bus Haryanto adalah PO bus pertama yang menggunakan body Bus Jet bus 3+ facelife High Deck Double glass yang oleh pihak PO bus Haryanto menjadi bus bermesin depan.

Menggunakan Chasis Mercedes Benz OF ( Omnibus Front ) 1623 RF, type big bus bermesin depan buatan mercedes benz.

4. Pelapor Sholat 5 waktu

PO bus Haryanto adalah bus pertama di Pulau Jawa yang menerapakan sistem Islami, yaitu mewajibkan semua sopirnya untuk sholat 5 waktu ( Subuh, Zhuhur, Ashar, Magrib, Isya ) dan berhenti dimasjid terdekat jika armada atau bus tersebut sedang menjalankan tugasnya.

sanksi yang di berikan oleh pihak perusahaan jika sopir tidak menyuruh para penumpangnya untuk sholat adalah tidak di gaji 1 kali perjalanan ( Pulang Pergi ).

5. Menara Kudus

PO bus Haryanto juga mendapat julukan sebagai bus menara Kudus ( karena PO bus yang satu ini beasal dari Kudus Jawa tengah, dan setiap unitnya terdapat gambar Menara Kudus yang menjadi Simbol Kabupaten Kudus ).

PO bus ini juga mendapat julukan “menara ra ono mundure” ( menara tidak ada kata mundur ), julukan tersebut dikasih karena PO yang satu ini tidak pernah ngalah ketika melaju di jalanan.

6 Fasilitas

Fasilitas yang didapat jika kalian menggunakan bus Haryanto, antara lain adalah sebagai berikut :

Armada Antar Kota Antar Provinsi

  • 34 seat
  • 30 seat ( 6 seat kelas super eksekutif dan 24 seat eksekutif )
  • Legrest
  • Reclining seat
  • Snack 1 box kecil
  • Service makan 1 kali dirumah makan menara Kudus ( rumah makan milik haryanto sendiri ), menunya bisa pilih ada soto ayam, nasi goreng, atau prasmanan ( ambil sendiri ), teh anget atau es, buah potong
  • Air Suspension ( type tertentu )
  • bantal, selimut
  • Stopkontak
  • Port USB ( Jetbus 3 dan keatasnya )
  • Cooler box
  • Kru yang ramah
  • Toilet bersih
  • Speakers
  • 2 buah televisi LED layar lebar

Armada Patas

  • 40 seat + 6 seat paling belakang
  • Air Suspension ( type tertentu )
  • Reclining seat
  • Stopkontak
  • Speakers
  • 2 buah televisi layar lebar
  • Kru yang ramah

7. Body bus yang digunakan

PO bus Haryanto Menggunakan body bus dari beberapa karoseri, antaranya adalah :

  • Karoseri Trijayaunion Body type High Deck Double glass
  • Karoseri Piala Mas nama body Rexus High Deck Double glass
  • Karoseri Gunung Mas Nama body Zeppelin G2 High Deck
  • Karoseri Gunung mas nama Body Zeppelin G3 High Deck Double glass
  • Karoseri Trisakti nama body Ultima
  • Karoseri Trisakti nama body Infinity High Deck Double glass
  • Karoseri Trisakti nama body Infinity Deluxe High Deck Double Glass
  • Adiputro Jetbus 2 High Deck
  • Adiputro Jet bus 2 Klaksik edition
  • Adiputro Jet bus 2+ High Deck
  • Adiputro Jet bus 2+ High Deck Double glass
  • Adiputro Jet bus 2+ Super High Deck
  • Adiputro Jet bus 3 Super High Deck
  • Adiputro Jet bus 3 High Deck Double glass
  • Adiputro Jet bus 3+ Super High Deck
  • Adiputro Jet bus 3+ High Deck Double glass
  • Adiputro Jet bus 3+ Facelift Motor High Deck
  • Adiputro Jet bus 3+ facelift High Deck Double glass
  • Adiputro Jet bus 3+ facelift High Deck Double glass ( dipesan khusus menjadi mesin depan )
Haryanto Karoseri Piala Mas Rexus High Deck Double glass Mercedes Benz OH 1626
Haryanto Karoseri Piala Mas Rexus High Deck Double glass Mercedes Benz OH 1626
Haryanto Karoseri Piala Mas Rexus High Deck Double glass Mercedes Benz OH 1626
Haryanto Karoseri Piala Mas Rexus High Deck Double glass Mercedes Benz OH 1626
Haryanto Karoseri Gunung Mas Zeppelin G2 High Deck Mercedes Benz OH 1626
Haryanto Karoseri Gunung Mas Zeppelin G2 High Deck Mercedes Benz OH 1626
Patas Jogja - Semarang - Pati - Kudus Haryanto Adiputro Jet bus 2 Klasik edition Mercedes Benz OH 1626
Patas Jogja – Semarang – Pati – Kudus Haryanto Adiputro Jet bus 2 Klasik edition Mercedes Benz OH 1626
Spesialis langka Karoseri Trijayaunion High Deck Double glass Mercedes Benz OH 1626 Haryanto
Spesialis langka Karoseri Trijayaunion Falcon High Deck Double glass Mercedes Benz OH 1626 Haryanto
Haryanto Adiputro Jet Bus 2 High Deck Mercedes Benz OH1626
Haryanto Adiputro Jet Bus 2 High Deck Mercedes Benz OH1626
Haryanto Adiputro Jet Bus 3+ High Deck Double glass Mercedes Benz OH1626
Haryanto Adiputro Jet Bus 3+ High Deck Double glass Mercedes Benz OH1626
Haryanto Karoseri Trisakti Ultima Mercedes Benz OH 1626
Haryanto Karoseri Trisakti Ultima Mercedes Benz OH 1626
Haryanto Karoseri Triksati Infiny Deluxe High Deck Double glass Hino
Haryanto Karoseri Triksati Infiny Deluxe High Deck Double glass Hino
Haryanto Adiputro Jet Bus 2+ High Deck Double glass onih
Haryanto Adiputro Jet Bus 2+ High Deck Double glass onih
Pati - Kudus - Semarang - Jogja Patas Jogja Haryanto Karoseri Trisakti Infinity High Deck Double glass Mercedes Benz OH 1626
Pati – Kudus – Semarang – Jogja Patas Jogja Haryanto Karoseri Trisakti Infinity High Deck Double glass Mercedes Benz OH 1626
unitnya pak Bero ( salah satu supir PO Haryanto ) Haryanto Paradise Reborn Pak Bero style Adiputro Jet Bus 3+ High Deck Double glass Mercedes Benz OH1626 air suspension
unitnya pak Bero ( salah satu supir PO Haryanto ) Haryanto Paradise Reborn Pak Bero style Adiputro Jet Bus 3+ High Deck Double glass Mercedes Benz OH1626 air suspension
Haryanto Karoseri Gunung Mas Zeppelin G2 High Deck Mercedes Benz OH 1626 New Generation
Haryanto Karoseri Gunung Mas Zeppelin G2 High Deck Mercedes Benz OH 1626 New Generation

8. Chasis yang Digunakan

PO bus Haryanto menggunakan chasis atau mesin bus, sebagai berikut :

  • Hino RK8 260PS
  • Hino RN 285PS
  • Mercedes Benz OH ( Omnibus Hinten ) 1526 New Generation
  • Mercedes Benz OH 1626 New Generation
  • Mercedes Benz OH 1626L
  • Mercedes Benz OF ( Omnibus Front ) 1623RF ( mesin depan )
  • Mercedes Benz OH 1830 ( unit langka )
  • Mercedes Benz O500R 1836
  • Mitsubishi FE 84 ( medium bus, dengan body Zeppelin Next G buatan Karoseri Gunung Mas )

9. Penggila Kecepatan

Sama seperti bus yang berasal dari Daerah Muriaan ( Semarang bagian selatan, Demak, Pati, Jepara, Kudus ) yang terkenal suka melaju dengan kecepatan tinggi. Begitu juga degan PO bus Haryanto yang suka melaju dengan kecepatan rata rata diatas 120 km per jamnya, walaupun tidak semua unitnya melaju dengan kecepatan tinggi ( mungkin karena unit baru jadi kecepatannya di batasi atau umur busnya yang tidak bisa di buat berjalan cepat ).

Julukan “menara ra ono mundure” mungkin didapat karena PO bus yang satu ini tidak mau mengalah, tak jarang bahu jalan ( jalanan yang sebenarnya digunakan dalam ke adaan darurat, berada di sisi kiri ) juga di lewatinya ( adegan berbahaya, jgn ditiru ).

 

Demikianlah Sejarah PO Haryanto.

Tinggalkan komentar