Nusantara

Nusantara

PO bus yang menggunakan Chasis Merk Scania terbanyak Di Indonesia

1. Sejarah

PO bus Nusantara ini dimulai dengan didirikannya perusahaan oleh Bapak Yonatan Budianto di Kabupaten Kudus Jawa Tengah pada tahun 1968. Ternyata di awal pendiriannya, PO bus Nusantara ini hanya mengandalkan dua unit bus merk GAZ buatan Uni Soviet tahun 1965. Kedua bus yang dioperasikan ini merupakan bus bekas dari TNI – Angkatan Laut.

Dan pada tahun 1969, ditambahkan sebanyak lima unit bus bermerk ZIEL buatan tahun 1962. Kelima bus ini merupakan bus bekas dari TNI – Angkatan Udara. Dan barulah pada tahun 1970, mulailah dirakit bus dengan bodi dari kayu ( biasanya menggunakan chasis truk, tapi di jadikan bus ) yang menggunakan chassis bermerk THAMES dari Inggris.

Pada tahun 1975, mulailah diperkenalkan bus dengan body berbahan besi dan baja di Indonesia. Akhirnya didatangkanlah bus bermerk Ford ( bermesin bensin ) dari Amerika Serikat yang menggunakan body dari bahan besi dan baja.

Nusantara Jet bus 3+ High Deck Double glass rombakan Karoseri Nusantara Gemilang Scania K310 comfortshift transmission Pariwisata
Nusantara Jet bus 3+ High Deck Double glass rombakan Karoseri Nusantara Gemilang Scania K310 comfortshift transmission Pariwisata

2. Mempunyai Karoseri Sendiri

PO Bus Nusantara Memiliki Karoseri bernama Nusantara Gemilang ( Nusgem ) di Kudus Jawa tengah, Karoseri Gemilang didirikan sekitar tahun 2011.

Karoseri Nusantara Gemilang ( Nusgem ) sendiri merupakan hasil kerjasama antara Po bus Nusantara Kudus dan Gemilang Coach Malaysia, dimana teknisi dan pekerjanya sudah dilatih dan disertifikasi terlebih dahulu di Malaysia.

Bahkan alat – alat produksi bus pun didatangkan secara lengkap dan utuh dari Negara Malaysia, maka tak heran jika bus bus produksi Nusantara Gemilang mempunyai model yang sama dengan bus produksi Gemilang Coach Malaysia.

3. body Bus yang Digunakan

PO bus Nusantara menggunakan body bus sebagai berikut :

  • Adiputro Custom body Irizar
  • Adiputro Smile Travego
  • Adiputro Smile Setra
  • Adiputro Morcopolo
  • Adiputro Old Setra
  • Adiputro Royal Travego
  • Adiputro Old Setra Smile
  • Nusantara Gemilang Skybus ( Kotak sabun ) High Deck
  • Nusantara Gemilang Cityliner High Deck Double glass
  • Nusantara Gemilang Cityliner Super High Deck
  • Nusantara Gemilang Maximiracle High Deck Double glass
  • Nusantara Gemilang Maximiracle Super High Deck
  • Nusantara Gemilang Conqueror Super High Deck
  • Nusantara Gemilang Conqueror Double Deck
Nusantara Adiputro Old Setra Smile Scania K124ib Comfortshit transmission 360 horse Power
Nusantara Adiputro Old Setra Smile Scania K114ib Comfortshit transmission 337 horse Power
Nusantara Kudus - Pati - Lasem Semarang Nusantara Gemilang Skybus ( Kotak sabun ) Scania K124ib Comfortshift transmission 360 Horse Power
Nusantara Kudus – Pati – Lasem Semarang Nusantara Gemilang Skybus ( Kotak sabun ) Scania K124ib Comfortshift transmission 360 Horse Power
Kudus - Semarang Pulang Pergi Nusantara Nusantara Gemilang Skybus High Deck Scania K310ib Comfortshift Transmission
Kudus – Semarang Pulang Pergi Nusantara Nusantara Gemilang Skybus High Deck Scania K310ib Comfortshift Transmission
Nusantara Gemilang Cityliner High Deck Double glass Hino rk 235ps Alumunium Body
Nusantara Nusantara Gemilang Cityliner High Deck Double glass Hino rk 235ps Alumunium Body
Nusantara Jet bus 3 High Deck Double glass Pariwisata rombak garasi Mercedes Benz OH series
Nusantara Jet bus 3 High Deck Double glass Pariwisata rombak garasi Mercedes Benz OH series
Nusantara Nusantara Gemilang Maximiracle Super High Deck Alumunium Body Mercedes Benz O500R 1836
Nusantara Nusantara Gemilang Maximiracle Super High Deck Alumunium Body Mercedes Benz O500R 1836
MAB ( Mobil Anak Bangsa ) asli karya Indonesia Nusantara Nusantara Gemilang Electrik City Bus bus bertenaga listrik pertama di Indonesia
MAB ( Mobil Anak Bangsa ) asli karya Indonesia Nusantara Nusantara Gemilang Electrik City Bus bus bertenaga listrik pertama di Indonesia
Nusantara Jet Bus 3+ High Deck Double glass rombak garasi Mercedes Benz OH 1526
Nusantara Jet Bus 3+ High Deck Double glass rombak garasi Mercedes Benz OH 1526
Nusantara Jet Bus 3+ High Deck Double glass rombak garasi Mercedes Benz OH 1526
Nusantara Jet Bus 3+ High Deck Double glass rombak garasi Mercedes Benz OH 1526
Nusantara Jet bus2+ High Deck Double glass Scania K310ib Comfortshift Transmision
Nusantara Jet bus2+ High Deck Double glass Scania K310ib Comfortshift Transmision
Nusantara Adiputro Old Setra Scania K124ib Comfortshift Transmision 360 Horse Power
Nusantara Adiputro Old Setra Scania K124ib Comfortshift Transmision 360 Horse Power
Nusantara Kudus - Jakarta Pulang Pergi Adiputro Marcopolo Scania K380ib Comfortshift Transmission
Nusantara Kudus – Jakarta Pulang Pergi Adiputro Marcopolo Scania K380ib Comfortshift Transmission
Nusantara Nusantara Conquror Super High Deck Mercedes Benz O500R
Nusantara Nusantara Conquror Super High Deck Mercedes Benz O500R
Adiputro custom body Irizar Nusantara Scania K380ib Comfortshift Transmission super eksekutif class
Adiputro custom body Irizar Nusantara Scania K380ib Comfortshift Transmission super eksekutif class

4. Mempunyai Scania mesin depan

PO bus Nusantara merupakan PO bus satu satunya yang mempunyai unit Scania Mesin Depan Di Indonesia, chasis ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 2008, Scania F series memiliki tenaga hingga 250 Horse Power ( masih menjadi yang terbesar sampai saat ini untuk sekmen big bus mesin depan di Indonesia ).

Sayangnya chasis jenis ini masih menggunakan leaf spring ( per daun ) bukan Air Suspension seperti Chasis Scania K series yang beredar di Indonesia. Bus ini masih beroperasi di jalur Semarang – Jogja Pulang Pergi.

Satu Satunya Scania Mesin Depan Di Indonesia Nusantara Adiputro Royal Coach E custom mesin depan Scania F250 Horse Power Leaf Spring ( per daun ) Patas Jogja - Semarang Pulang Pergi
Satu Satunya Scania Mesin Depan Di Indonesia Nusantara Adiputro Royal Coach E custom mesin depan Scania F250 Horse Power Leaf Spring ( per daun ) Patas Jogja – Semarang Pulang Pergi

5. Volvo B12M

Satu satunya bus bermesin tengah di Indonesia, ya inilah Volvo B12M, masuk ke Indonesia Sekitar tahun 2008 dan menjadi bus dengan tenaga terbesar pada jamannya yaitu 420 horse power.

Volvo B12M juga sudah dilengkapi teknologi Suspensi Udara yang saat itu merupakan sesuatu yang sangat mewah. Oleh PO bus Nusantara Unit yang satu ini dijadikan omah mlaku ( rumah berjalan ) dengan harga sewa mencapai 11 juta rupiah ( pada tahun 2010 ).

Fasilitas Omah Mlaku

  • Sofa Panjang dengan bahan kulit asli
  • Toilet bersih
  • Kursi pijat
  • 2 buah televisi LCD 32 inci
  • Coffe maker
  • microwave
  • pemanggang roti
  • kulkas mini
  • stopkontak
  • bantal, selimut
  • MIC wireless
  • Speakers
  • teknologi Suspesnsi Udara
  • 2 tempat tidur ( dibuat bertingkat )
  • free wifi
  • Pemanas air
  • wastafel

Spesifikasi Volvo B12M

  • Tipe chasis : VOLVO B 12 M
  • Jarak Sumbu Roda : 6200 mili meter
  • Panjang chasis Keseluruhan : 10007 mili meter
  • Tinggi Keseluruhan Rangka : 866 mili meter
  • Lebar chasis secara Keseluruhan : 2471 mili meter
  • GVW : 19000 Kilogram ( 19 ton )
  • Jenis Mesin : Mid – mounted, 6 silinder diesel turbo intercooler, injeksi langsung secara elektronik
  • Daya Mesin : 420 Hoser Power di 1800 rpm ( putaran mesin dalam 1 menit )
  • Kapasitas mesin : 12100 cc
  • Torsi Maksimal : 2000 Nm di 1200 rpm
  • Transmisi : 7 kecepatan maju dan 1 kecepatan mundur
  • Tipe Suspensi : Electronically Controlled Suspension with air bellow suspension and shock absorbers
  • Alternator : 3 x 110 A
  • Baterai : Flash 24 V – 2 x N 150 A
  • Tipe kemudi : Power steering jenis ball & nut dengan servo unit. Tuasnya dilengkapi high & tilt steering
  • Rem Kaki : Volvo drum brakes air system dengan ABS
  • Rem Parkir : Aktuasi pegas berbentuk tabung rem pada tromol roda belakang
  • Kapasitas Tangki solar : 450 liter ( 3 kali 150 liter )
  • Ban : sebanyak 6 buah Ban Michelin XZE 295/80/R 22,5
  • Kelas emisi : Euro3, EEV (varian tertentu) yang masuk Indonesia hanya Euro3
  • Exhaust ( knalpot ) : Stainless steel exhaust system with SCR catalytic converte
Satu Satunya bus bermesin tengah Di Indonesia Nusantara Adiputro Old Setra rombak lampu Jetliner Volvo B12M, 420 Horse Power Mesin tengah ( terletak di belakang roda depan ) Air suspension Omah Mlaku ( rumah berjalan ) Pariwisata super mewah.
Satu Satunya bus bermesin tengah Di Indonesia Nusantara Adiputro Old Setra rombak lampu Jetliner Volvo B12M, 420 Horse Power Mesin tengah ( terletak di belakang roda depan ) Air suspension Omah Mlaku ( rumah berjalan ) Pariwisata super mewah.

6. Edisi 50 tahun PO Nusantara

Dalam merayakan hari ulang tahunnya yang ke 50 tahun ( 2018 ), udah setengah abad aja ni PO bus wkwkwkwk. Nusantara menghadirkan unit yang sangat special, yaitu Nusantara Double Deck Bermesin MAN R37 460 Horse Power.

MAN R37 adalah chasis bus Antar Kota Antar Provinsi yang memliki super besar untuk saat yaitu 430 Horse Power, Oleh PO Nusantara chasis MAN R37 di kasih body bus ( baju ) bertipe Double Deck degan nama body Conqueror Double Deck Buatan Nusantara Gemilang ( karena cuman Nusgemlah yang boleh menggunakan chasis MAN untuk saat ini ).

Sesuai dengan namanya Conqueror ( penakluk ) bus ini sering menaklukan lawannya degan sangat mudah, apalagi dengan tenaga yang super besar ( 430 Horse Power ) ditambah body yang terbuat dari alumunium yang terasa ringan.

Fasilitas Nusantara Conqueror Double Deck

  • 8 seat ( deck bawah )
  • Toilet bersih
  • Dispenser
  • Snack 1 box kecil
  • Service Makan 1 kali
  • Legrest
  • Reclining seat
  • Air Suspension biar nikmat diperjalanan
  • 38 seat ( deck atas )
  • televisi 32 inci
  • Stopkontak
  • Cooler box
  • Speakers
  • Bantal, selimut

O iya bus satu satunya double deck yang melayani rute Muriaan, jadi yang ingin mencobanya harap bersabar ya.

Edisi 50 tahun PO Nusantara ( 2018 ) Nusantara Nusantara Gemilang Conqueror Double Deck MAN R37 460 Horse Power ( menjadikan bus degan tenaga terbesar untuk saat ini ) Air Suspension Alumunium Body Jakarta - Kudus Pulang Pergi
Edisi 50 tahun PO Nusantara ( 2018 ) Nusantara Nusantara Gemilang Conqueror Double Deck MAN R37 460 Horse Power ( menjadikan bus degan tenaga terbesar untuk saat ini ) Air Suspension Alumunium Body Jakarta – Kudus Pulang Pergi

Demikianlah Sejarah PO bus Nusantara.

Tinggalkan komentar