7 tips memilih Agent Travel yang baik dan benar

Pesona Indonesia

Liburan bersama keluarga,  kerabat terdekat, teman atau pasangan akan lebih menyenangkan, aman, tentrem jika memanfaatkan jasa agent tour travel. Namun bagaimana caranya memilih travel agent yang tepat? Berikut adalah tipsnya, jangan sampai salah pilih travel agent, bahaya!

bus pariwita yang bisa anda sewa di tempat penyewaan bus

1. Kredibilitas suatu travel agent tak hanya dilihat dari laman websitenya

Harga murah kerap kali menipu, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah kredibilitas travel agent tersebut. Profesional atau tidaknya travel agent tersebut tak hanya dilihat dari laman websitenya, tapi juga melihat kepuasan para pelanggan yang pernah menggunakan jasa agent tour travel tersebut.

Kalau dulu, website travel agent dengan domain berbayar jadi acuan kepercayaan, sekarang website dengan domain .com atau pun .co.id bisa saja meragukan karena biaya pembuatan website dan domain sangat murah.

2. Cek dulu akun sosial medianya, followers banyak bukan jaminan

Pun tak semata-mata melihat tingginya likers atau followers-nya saja. Yang paling penting, engagement yang dibangun si pemilik travel agent dengan para followersnya. Jika interaksinya terjalin baik, banyak yang memberikan komentar, travel agent tersebut bisa dipercaya kredibilitasnya.

Maka, jangan hanya melihat dari laman website travel agent tersebut saja. Perhatikan sosial media yang dimilikinya. Cek dulu akun Instagram, Facebook, atau pun Twitter nya.

3. Punya kantor offline bisa lebih dipercaya

Meski sekarang ini mayoritas travel agent bergerak di bidang online, tapi mereka yang membuka kantor secara offline memiliki nilai tambah. Cek dan datangi kalau perlu, apakah kantor offline yang dimiliki benar nyata atau tidak.

Bisa jadi jika agent tour travel yang hanya bergerak di bidang Online itu adalah sekumpulan para penipu yang berkerja sama untuk memanfaatkan para korbannya dengan iming iming biaya perjalanan yang murah.

4. Perhatikan testimoni yang diberikan para penggunanya

Apabila travel agent belum memiliki toko dan hanya bergerak online, perhatikan testimoni yang diberikan para penggunanya. Travel agent yang benar dipercaya biasanya akan membagikan testimoni para pengguna. Dari testimoni dan kesan-kesannya tersebut, kita tahu apa yang diberikan selama perjalanan.

biasanya ada beberapa agent tour travel yang berbuat curang yaitu dengan cara membuat testimoni sendiri agar orang orang percaya pada mereka.

5. Pastikan travel agent tersebut sediakan semua kebutuhan selama liburan bersama keluarga

Setelah menemukan travel agent yang terpercaya, pilihlah paket perjalanan sesuai dengan kebutuhan.

Jika akan liburan keluarga dengan mengajak anak-anak atau orang tua misalnya, lebih baik memilih paket perjalanan yang nyaman dan sudah mencakup semuanya (full board). Mulai dari tiket perjalanan, akomodasi, tour guide, konsumsi, dan transportasi selama di destinasi wisata.

Hal ini perlu jadi perhatian khusus, karena jalan-jalan bersama keluarga itu lebih rumit. Apalagi mengajak anak-anak atau orang tua. Pastikan semua kebutuhan sudah tersedia. Jadi, tak perlu bingung lagi selama di lokasi.

6. Anak-anak atau pun orang tua memiliki karakter yang berbeda dengan kita, pilih penginapan yang sesuai dengan mereka

Bahkan, meskipun travel agent tersebut sudah memberikan fasilitas full board pun, harus dilihat lebih detail lagi mengenai penginapan yang ditawarkan. Di mana kah akan menginap?

Anak-anak atau pun orang tua memiliki karakter yang berbeda dengan kita. Biasanya, si kecil ini cenderung lebih aktif dan suka bermain-main. Jadi, kurang cocok kalau diajak tinggal di hostel. Pertama, hostel terlalu sempit. Dan yang kedua, bisa jadi nanti malah mengganggu para penghuni lainnya.

Sedangkan saat mengajak orang tua, pastikan juga apakah hotel tersebut memiliki lift atau tidak. Jangan sampai, mereka harus naik turun tangga. Bisa-bisa, belum juga nikmati liburan, tubuh sudah pegal-pegal semua.

7. Itinerary atau rencana perjalanan jadi hal krusial, jangan asal pilih

Yang sangat penting, itinerary-nya. Itinerary atau rencana perjalanan menjadi hal krusial saat liburan.

Saat jalan-jalan bersama keluarga, singkirkan ego dan utamakan kebutuhan keluarga yang kita ajak. Jika mengajak si kecil, pastikan kalau itinerary atau rencana perjalanan yang diberikan travel agent telah cantumkan destinasi kesukaan si kecil. Misalnya mengunjungi theme park seperti Disneyland, Universal Studios, waterpark, dan lainnya.

Sebaliknya, saat liburan bersama orang tua, destinasi yang santai dan tak banyak aktivitas berat bisa dipilih. Destinasi wisata sejarah atau mengunjungi candi-candi biasanya menarik bagi mereka.

demikianlah tips tips yang saya berikan semoga bermanfaat yaaaaa.

Tinggalkan komentar